Artikel ini meruapakan pidato yang disampaikan Tokoh Nasional Rizal Ramli dalam Kumpul Ngariung di Saung Kujang Pajajaran, Bogor, Sabtu 1 Januari 2022.
Assalamualaikum Wr Wb.
Puji sinareng sukur urang panjatkeun ka Allah SWT anu tos maparin rahmat sareng karuniana ka urang sadayana tiasa kempel di ieu tempat kalawan sehat walafiat.
Hadirin sadayana, wilujeng taun enggal, mugia dina taun ieu, hirup urang sadayana aya dina panangtayungan sareng barokah di Allah Ta’ala.
Wilujeng sumping ka para inohong sunda dina acara Kumpul Ngariung ieu.
Pribados ageung di tanah sunda, di Bogor ti yuswa 7 taun. Nyarios basa sunda mah tiasa, mung neda tawakup upami undak usukna masih keneh teu acan merenah.
Sanaon kitu, pribados apal pisan, kana budaya urang sunda anu lemes. Ka urang sunda anu resep banyol, sok hareureuy tapi daria, suka bungah tapi teu resep kana kateuadilan.
Saya besar dan dididik di tanah Sunda, di Bogor sejak umur 7 tahun, bisa bahasa Sunda Bogor, paham betul budaya Sunda yang sangat halus, happy go lucky, doyan hareureuy, ceria, dan sangat tidak suka ketidak adilan
Barangkali sebuah kebetulan atau mungkin sudah takdir sejarah (historisch lot) bahwa ternyata banyak tokoh pergerakan kemerdekaan negeri ini memulai dan memusatkan pergerakannya di tanah Sunda, Kota Bandung, Bogor, dibandingkan kota-kota lain di Indonesia.
Tirto Adhisuryo, Tjipto Mangunkusumo, Ki Hadjar Dewantara, Soeryopranoto, Douwes Dekker, Sosrokartono, Abdul Muis, Hatta, Sukarno, Natsir, Sutan Sjahrir, adalah sedikit contoh dari tokoh-tokoh yang memulai debutnya di Kota Bandung, yang kebetulan pula mereka bukan orang Sunda.
Abah Wahyu Affandi Suradinata merupakan tokoh paneumpa Kujang yang sudah sejak tahun 1990an mendedikasikan diri untuk mempelajari kembali dan melestarikan Kujang sebagai warisan budaya masyarakat Sunda.
Saya menjadi teringat oleh pepatah bijak bahwa kalau tanah Pasundan aman, Indonesia aman. Kalau tanah Pasundan damai, Nusantara damai. Kalau tanah Pasundan makmur, rakyat Indonesia makmur.
Kujang sendiri mempunyai ikatan historis dan kebudayaan dengan tanah Sunda. Mempunyai makna dan simbol kebudayaan yang kuat
Kujang juga merefleksikan ketajaman dan daya kritis dalam kehidupan juga melambangkan kekuatan dan keberanian untuk melindungi hak, kebenaran dan keadilan.
Karakter masyarakat Sunda sangat terbuka, egaliter dan menentang ketidakadilan, merupakan sumber kekuatan untuk melakukan perubahan Indonesia menjadi lebih adil, lebih baik dan lebih makmur.
Laporan: Muhammad Lutfi