ALL

Tetap Sehat dan Bugar Selama Ramadan

By  | 

KedaiPena.Com – Berpuasa di bulan Ramadan memang menjadi ibadah wajib bagi umat muslim dunia. Bulan ini merupakan kesempatan kita memanen pahala dari ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadan.

Untuk itu diperlukan tubuh sehat dan bugar agar dapat melaksanakan ibadah tanpa ada kendala berarti. Puasa di bulan Ramadan, waktu Anda untuk makan dan minum tentunya jadi jauh berkurang dan sangat terbatas. Belum lagi dengan waktu tidur kita yang kurang dibanding sebelumnya.

Penting bagi kita menyiasati dengan memanfaatkan waktu sahur dan buka dengan selalu menyediakan makanan bergizi kaya nutrisi, vitamin dan istirahat yang cukup.

Dikutip dari ilmfeed, Pakar nutrisi Nazima Qureshi, memberi tips gaya hidup sehat yang perlu dijalani saat puasa Ramadan.

Makan Secukupnya

Kita cendrung tidak memperhatikan kapasitas perut kita untuk menyantap makanan sebanyak mungkin ketika buka puasa. Kita kalap dengan makanan yang tersaji di meja makan, padahal selama 12 jam perut kita dalam keadaan kosong. Tentu ini akan menimbulkan perut menjadi tidak nyaman dan kembung.

Nazima menyarankan tiga hal ini agar nafsu makan Anda bisa terkontrol.

“Ambil makanan yang ukurannya lebih kecil, gunakan garpu untuk menyuap dan fokuskan pada rasa dan aroma makanan ketika Anda makan,” ujar Nazima, seperti dikutip dari

Asupan Air Lebih Banyak

Minum 8 gelas air putih per-hari bisa menjadi tantangan yang cukup berat. Tapi hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi dehidrasi. Anda bisa tetap mendapatkan air dari buah-buahan dengan kandungan air tinggi seperti semangka, melon, jeruk atau pir. Jika bosan minum air putih yang hambar, bisa menambahkan irisan lemon, jeruk, ketimun atau daun mint agar lebih kaya rasa dan menyegarkan.

Mengurangi Gorengan

Gorengan pada saat berbuka memang menjadi godaan tersendiri. Tahu goreng, tempe goreng, bakwan, lumpia atau pastel mungkin jadi makanan favorit sebagian besar umat muslim Indonesia saat buka puasa.

Tapi hal ini harus dikurangi karena akan mengakibatkan kenaikan berat badan akibat penumpukan lemak. Seimbangkan dengan air putih, sayuran dan buah-buahan

Sayuran

Asupan sayuran dalam porsi sedang sangat diperlukan agar kebutuhan serat terpenuhi hingga dapat menutrisi tubuh. Sayuran berbagai warna akan menutrisi tubuh dengan banyak jenis antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari efek merusak radikal bebas. Sayuran juga membantu mengontrol kadar gula darah dan menjaga berat badan ideal.

Makan Buah Segar

Makan buah akan mencukupi kebutuhan Anda akan vitamin, mineral juga serat yang akan membuat tubuh lebih fit saat beraktivitas sambil menjalankan ibadah puasa. Sayuran mangga, pisang, apel, anggur dan lainnya sangat baik dikonsumsi dan memenuhi kebutuhan tubuh

 Laporan : Ruspita

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *