ALL

Sofyan Basir, Relawan Jokowi: Wujud Buruknya Pengangkatan Pejabat di BUMN

By  | 
Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Sofyan Basir | Foto: Istimewa

Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Sofyan Basir | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – Jaringan Nasional Indonesia Baru (JNIB) mendesak Menteri BUMN Rini Soemarno mencopot Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), Sofyan Basir.

“Kepada Menteri BUMN, mencopot dengan segera saudara Direktur Utama PLN, Sofyan Basir, karena kemampuannya dan perkataannya tidak sejalan dengan kinerja dan watak pejabat negara,” ujar Kepala Divisi Advokasi JNIB, Harli Muin, melalui siaran pers kepada Kedaipena.com, Jakarta, Senin (19/6).

Salah satu kelompok relawan Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilu Presiden 2014 silam ini, mendesak demikian, karena dengan enteng Sofyan meminta masyarakat yang mengeluhkan keputusan PLN mencabut subsidi listrik untuk mencopot meteran di rumahnya masing-masing.

Harli mengingatkan, Rini selaku Menteri BUMN sepantasnya dalam memilih seorang pejabat perusahaan negara berdasarkan profesionalisme, bukan karena pernah berperan sebagai tim sukses, relawan, atau lainnya.

“Bukan kah jabatan menteri BUMN ketika diangkat menjadi menteri bersumpah menjalankan hukum dan UUD 1945 dengan sunggug-sungguh?” tanyanya seraya menyindir.

Dia menambahkan, terpilihnya Sofyan sebagai Dirut PLN menunjukkan buruknya Rini dalam menjalankan kewajibannya.

“Yang terjadi sekarang, merupakan wujud buruknya pengakatan pejabat di lingkungan BUMN, mulai dari tumpang tindih jabatan yang tidak dibolehkan dalam hukum, hingga pengakatan komisaris hanya karena tim sukses,” tandasnya mengkritik.

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *