ALL

Soal e-Toll, PDIP: Jangan Ada Biaya ‘Top Up’

By  | 
Tol Cikampek | Foto: Istimewa

Tol Cikampek | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – Pemerintah mulai mendorong penggunaan kartu e-Toll di seluruh gerbang tol. Sehingga dengan adanya kebijakan tersebut dipastikan masayarakat transportasi pengguna jalan tol tidak lagi bisa melakukan transaksi tunai.

Anggota DPR RI dari FPDIP, Darmadi Durianto mengungkapkan, bahwa pada dasarnya, PDIP selalu mendukung segala kebijakan yang ditujukan untuk masyarakat banyak dan tidak memberatkan.

“Kita dukung dengan catatan beban masyarakat jangan ditambah. Biaya-biaya dihilangkan, masyarakat tidak terbebani, perluas penetrasi kartu e-Toll ke masyarakat dengan sosialisasi terus menerus,” ujar Darmadi kepada wartawan, Jumat (13/10).

Darmadi mengungkapkan, kekhawatiran soal penerapan kebijakan e-Toll akan membuat PHK massal terhadap karyawan Jasa Marga juga tidaklah perlu dirisaukan

Seban, lanjut Darmadi, jika kebijakan itu direalisasikan, maka banyak manfaat yang bakal dirasakan oleh masyarakat itu sendiri.

“Karyawan Jasamarga tentu bisa dialihkan ke pekerjaan lain atau divisi lain. Bisa juga difungsikan menjadi tim ‘marketing’. Ini kan untuk pelayanan umum supaya masyarakat tidak terjebak dalam kemacetan,” kata Bendahara Megawati Institute.

Darmadi pun menilai, tujuan e-Toll itu sendiri kan bagaimana meningkatkan penetrasi pasar supaya ‘cashless’ sehingga ujungnya mengurangi kemacetan karena selama ini membayar tunai justru menimbulkan antrean.

“Kalau kebijakan itu jadi, seharusnya tidak ada biaya ‘top up’ dan sebagainya yang memberatkan masyarakat. Supaya masyarakat bisa terbiasa memakai e-Toll,” tandasnya.

Laporan: Muhammad Hafidh

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *