ALL

Setelah Amerika dan Korsel, Giliran Jepang yang Cemas

By  | 
Share Berita :
Rudal balistik Korea Utara jenis Pukguksong-2 | Foto: hani.co.kr

Rudal balistik Korea Utara jenis Pukguksong-2 | Foto: hani.co.kr

KedaiPena.Com – Jepang mulai khawatir atas kontinuitas program rudal dan nuklir yang dilakukan Korea Utara, setelah sebelum Amerika Serikat dan Korea Selatan yang dibuat cemas.

Hal tersebut terlihat dari buku putih pertahanan tahunan Jepang yang diluncurkan Kementerian Pertahanan usai Korut melakukan uji coba dua rudal balistik antar benua (ICBM), Juli 2017 dan mendarat di pantai barat Jepang.

“Sejak tahun lalu, ketika menerapkan secara paksa dua uji coba nuklir dan lebih dari 20 rudal balistik diluncurkan, ancaman keamanan telah memasuki tahap baru,” kata Kemenhan Jepang dalam dokumen setebal 563 halaman tersebut.

“Bisa dibayangkan bahwa program senjata nuklir Korut sudah cukup maju dan ada kemungkinan bahwa Korut telah mencapai miniaturisasi senjata nuklir,” sambungnya dilansir Reuters.

Menurut buku putih itu, rudal yang diluncurkan sulit dicegat. Apalagi, Korut telah mengklaim senjata yang dibuatnya tersebut mampu menjangkau kawasan Amerika.

Karenanya, anggota parlemen partai berkuasa mendesak Perdana Menteri Shinzo Abe mempertimbangkan meningkatkan kemampuan militer Jepang untuk mencapai basis musuh.

Facebook Comments
Share Berita :

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *