ALL

PDIP Nilai Penurunan Daya Beli Karena Ini

By  | 
Ilustrasi Ekonomi | Foto: Istimewa

Ilustrasi Ekonomi | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – Politikus PDIP Darmadi Durianto menilai penurunan daya beli yang membuat sejumlah peritel tutup bukanlah karena ada pergeseran gaya belanja, tetapi lebih kepada rasa takut masyarakat saat ini.

“Ada kecenderungan juga sekarang banyak yang lebih memilih menabung, karena ada muncul persepsi ketakutan bahwa kehidupan ke depannya akan lebih berat dari saat ini,” ujar dia kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (4/11).

“Banyak penyebab tutup ritel di antaranya karena ada ‘mismanagement’, biaya yang terlalu besar, tidak mampu membaca arah bisnis dan tidak mampu menerapkan strategi bisnis yang tepat,” sambung dia.

Kendati demikian, lanjut dia, masih perlu kajian ilmiah untuk menyebutkan bahwa terjadi pergeseran perilaku konsumen menuju ke ‘experience economy’.

Dan untuk menyikapi fenomena ini, lanjut dia, harus menggunakan ‘helicopter view’ agar dapat meneropongnya dari semua sisi kenapa ritel berguguran.

“Intinya adalah bagaimana melihat suatu hal dari sisi yang lebih general, seperti melihat dari atas helikopter. Konsep ini dipakai agar kita melihat sebuah permasalahan secara sistemik. Observasi dahulu suatu hal secara luas dan menyeluruh,” tandas dia.

Laporan: Muhammad Hafidh

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *