ALL

Kominfo Harap Budaya Betawi Jadi Penangkal Informasi Hoax

By  | 
Festival Betawi | Foto: Muhammad Hafidh

Festival Betawi | Foto: Muhammad Hafidh

KedaiPena.Com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia menyelenggarakan Pagelaran Seni Budaya Betawi dan Nusantara pada Sabtu-Minggu (23-24/9).

Kominfo menyelenggarakan acara ini di area Patung Ondel-Ondel, Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Perwakilan dari Kominfo, Drs. Hypolitus Layanan MAP mengatakan bahwa penyelenggaraan acara ini bertujuan untuk menanamkan semangat nasionalisme, kebersamaan dan kebhinekaan di antara seluruh masyarakat Jakarta.

“Harapan kami melalui pagelaran seni budaya ini dapat menanamkan kembali semangat nasionalisme, kebhinekaan dan kebersamaan di antara seluruh masyarakat Jakarta, terutama yang datang ke sini,” imbuh dia saat berbincang dengan KedaiPena.Com, di Kemayoran, Minggu (24/9).

Dia pun mengungkapkan, bangsa Indonesia sempat tercabik oleh informasi hoax yang mencerahkan serta tidak mendidik.

“Untuk itu kami di sini minta dari masyarakat bila mana ada isu-isu dari media sosial yang dikemas oleh sebagai pihak yang bertujuan untuk memecah-belah jangan ditelan semua. Tapi harus difilter untuk disampaikan oleh masyarakat,” jelas dia.

Kemudian, Plt Direktur Layanan Informasi Internasional ini melanjutkan, Betawi sebagai budaya juga bisa menjadi penangkal informasi hoax yang luar biasa.

Budaya Betawi, kata dia, dapat menjadi salah satu cara untuk menjadi perekat untuk menjamin kebersamaan dan kebhinekaan kita sebagai masyarakat Jakarta yang mudah terpecah akan informasi hoax.

“Maka dari itu kami berharap agar momuntum acara ini dapat membuat masyarakat yang datang ke acara ini dapat menjadi filter dari isu-isu hoax untuk menginformasikan yang positif kepada masyarakat,” tandas dia.

Laporan: Muhammad Hafidh

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *