ALL

Jokowi: Kopi Indonesia Harus Mendunia

By  | 
Ilustrasi kopi hitam | Foto: Istimewa

Ilustrasi kopi hitam | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – Presiden Joko Widodo mendorong dan memotivasi para pelaku bisnis kopi dan kedai kopi untuk mempromosikan sektor hulu industri kopi di Indonesia. Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia adalah produsen kopi yang ke-4 di bawah Brasil, Vietnam, Kolombia. Promosi di sektor hulu kopi diyakini akan mengangkat harga komoditas bagi petani kopi.

“Menurut saya yang lebih penting, keuntungannya justru jauh lebih banyak apabila kita bisa melihat proses bisnisnya sampai betul-betul tersajikannnya kopi itu di pembeli atau konsumen. Karena justru keuntungan yang terbesar ada di situ,” kata Presiden di Istana Bogor, ditulis Senin (2/10).

Presiden Jokowi juga mengajak mereka yang terlibat dalam bisnis kopi, terutama di sektor hulu untuk mengembangkan bisnis juga ke arah penyajian minuman kopi.

“Saya kira anak-anak muda kita dengan membangun sebuah pasca panen yang baik, packaging yang baik kemudian memprosesnya dengan barista-barista yang baik dan menjualnya tidak melalui cara yang biasa. Bisa dengan online store, dan saya kira ini akan lebih gampang untuk kita masuk dan bertarung di pasar dunia,” ungkap Presiden.

Dengan pasar yang ada di negara kita, Presiden Jokowi mengingatkan, peluang bisnis kopi besar. Ia menambahkan bahwa hal ini jangan dipakai oleh yang lain, tapi harus segera dikuasai oleh anak bangsa.

Untuk itu, Presiden mengajak semua pemangku kepentingan dalam industri kopi untuk membesarkan nama Indonesia di tingkat global melalui sejumlah varietas kopi yang beragam.

“Saya kira banyak daerah-daerah baik di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur termasuk di Papua memiliki kesempatan untuk membesarkan Indonesia sebagai produsen kopi terbesar di dunia karena memang lahannya ada,” ujar Presiden.

Laporan: Muhammad Hafidh

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *