ALL

Imigran Sri Lanka Kembali Diberangkatkan Menuju Medan

By  | 
Imigran Sri Lanka saat mendapat pengarahan dari Kadiv Imigrasi Kanwil Kemenkumham Sumut, Sutrisno | Foto: Dom

Imigran Sri Lanka saat mendapat pengarahan dari Kadiv Imigrasi Kanwil Kemenkumham Sumut, Sutrisno | Foto: Dom

KedaiPena.Com – Sebanyak 33 Imigran gelap asal Sri Lanka akan kembali diberangkatkan dari kantor Imigrasi Kota Sibolga menuju kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu (12/8).

Kepala Divisi Imigrasi, Kanwil Kemenkumham Sumut, Sutrisno dalam keterangan persnya di Imigrasi Sibolga menyebutkan, pemberangkatan tersebut bekerjasama dengan pihak IOM.

“Kami bekerjasama dengan IOM, kami akan bawa ke Medan, karena disini sarana pengamanan mereka gak ada,.rencana hari ini ke medan untuk dilakukan interview,” ujar Sutrisno dalam keterangan pers kepada wartawan.

Ia mengatakan, pihak IOM dan UNHCR akan melakukan peneyelidikan mendalam kepada para imigran tersebut. Yakni untuk mengetahui kebenaran apakah para imigran merupakan subyek pencari suaka.

“Kalau tidak (pencari suaka) mereka akan kita pulangkan, benar apakah ada perang dan tekanan politik. Kalau bukan subyek, atau pengungsi, mereka akan dikembalikan,” terangnya.

Disinggung terkait penyitaan sejumlah telepon genggam milik imigran, Sutrisno menjelaskan hal tersebut demi kepentingan penyelidikan. “Itu sebagai.bahan tambahan penyelidikan apakah mereka benar-benar cari suaka atau niatan lain, siapapun masuk ke negara kita tentu kita berharap tidak membahayakan negara kita,” tegasnya.

Laporan: Dom

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *