ALL

Ijon

By  | 
Nanang Djamaluddin | Foto: Dok. Pribadi

Nanang Djamaluddin | Foto: Dok. Pribadi

KETAHUILAH wahai para sahabat jombloku, baik yang sudah lama menjomblo, maupun yang baru saja menjomblo. Baik itu yang ingin menjomblo sementara waktu, maupun yang mungkin telah berkomitmen menjomblo seumur hidup.

Bahwa tali pernikahan itu sangatlah agung. Saking agungnya, Al Quran sendiri menggunakan term ‘mistaqan ghalizhan’ (perjanjian yang kokoh) untuk ikatan perkawinan.

Dari situ sebenarnya menempatkan perkawinan akhirnya memiliki nilai keagungan yang setara dengan dua konteks perjanjian lain yang dirujuk dalam Al Quran yang juga menggunakan term ‘mistaqan ghalizhan’, yakni:

Pertama, Perjanjian Allah dengan Bani Israil, ketika Allah mengangkat bukit Tursina ke atas kepala mereka seraya memerintahkan mereka masuk ke sebuah pintu gerbang sambil bersujud serta melarang mereka melanggar aturan mengenai Hari Sabbath. (Q.S. An Nisa, 154).

Dan kedua, Perjanjian Allah dengan seluruh nabi utusanNya agar mereka menyampaikan kabar gembira dari langit kepada umatnya sebagaimana terdokumentasi pada Surat Al Ahzab ayat 7.

Lantas jika demikian, sejauh mana dan sekeras apa upayamu untuk melepaskan diri dari jerat perjombloan, wahai para jomblo sahabatku yang dimuliakan para calon mertua yang belum mengenalmu tapi ingin segera mengenalmu?

Tahukah kamu, wahai jomblowan dan jomblowati, sesungguhnya saat ini, detik ini, sepertinya sudah sejak lama, antara dirimu dan calon pasangan hidupmu terus saja sedang saling main cari-carian. Mirip main kucing-kucingan.

Untuk memudahkanmu menemukan si “kucing” yang kamu cari, selain kamu harus melipatgandakan semangat pencarianmu, juga berdayakan jaringan yang telah kamu bangun, seraya menambah jaringan baru lainnya untuk menemukan si “kucing” yang sedang sembunyi.

Atau bisa juga dengan menjajaki membentuk sebuah wadah persatuan yang kokoh diantara para jomblo nasional,yang menjadi tempat untuk saling tukar-menukar informasi valid seputar jodoh, mungkin bisa diberi nama Ikatan Jomblo Nasional (IJoN), dengan yel-yelnya: Jomblo Bersatu, Kami Siap Dikawinkan!

Oleh Nanang Djamaludin, Jaringan Anak Nusantara (Jaranan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *