ALL

Ibas: Hoax Berdampak Pada Jumlah Kunjungan Wisatawan

By  | 
Share Berita :

KedaiPena.Com – Anggota Komisi X DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) meminta kepada Kementerian Pariwisata untuk waspada terhadap hoax atau berita bohong. Hal ini akan menyebabkan turunnya kunjungan wisatawan luar negeri ke Indonesia.

“Berita hoax yang kemudian memunculkan kegaduhan dan demonstrasi, dapat berdampak pada kunjungan wisata,” kata Ibas pada rapat kerja antara Komisi X DPR RI dengan Menteri Pariwisata, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (17/1).

“Misalnya, berita soal banyaknya tenaga kerja asing illegal yang dapat mengancam NKRI dan tenaga kerja lokal,” ucap Ibas mencontohkan.

Menurut Ibas, sebagian masyarakat Indonesia sering terpengaruh oleh berita hoax, sehingga memunculkan sentimen negatif pada bangsa.

Pada kesempatan tersebut, Ibas mengusulkan beberapa opsi untuk menyikapi ramainya berita hoax.

Pertama, Kementerian Pariwisata sebaiknya melakukan evaluasi promosi internasional dan konvensional, melihat seberapa efektifnya promosi internasional.

“Melakukan pendekatan lebih massif, intensif, dan ekstensif, antara lain melalui media sosial dan media promo lainnya,” katanya.

Kedua, melakukan evaluasi bebas visa agar tidak menimbulkan ekses dan fokus pada kepentingan negara.

Menurut Ibas, wisatawan asing banyak yang mendapat informasi sedemikian rupa, tapi banyak juga yang malah kecewa karena merasa tidak sesuai.

“Jadi, lebih baik promosi wisata difokuskan kepada daerah-daerah yang memang sudah siap, kata Ibas.

Facebook Comments
Share Berita :

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *