ALL

Era ‘Bisnis Online’, Regulasi Kerap Lambat Ikuti Perkembangan

By  | 
Ilustrasi belanja online | Foto: Huffington Post

Ilustrasi belanja online | Foto: Huffington Post

KedaiPena.Com – Anggota Komisi XI DPR, H. Refrizal menyampaikan tentang pentingnya dukungan pemerintah untuk menumbuhkembangkan pelaku usaha, terutama Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Belajar dari krisis 1998, ternyata yang menjadi ‘buffer’ ekonomi kita saat itu adalah pelaku UMKM. Untuk itu keberpihakan kepada UMKM perlu dilakukan. Apalagi disaat sekarang ini, dimana jumlah pengusaha di indonesia masih dibawah 2%” jelas politisi senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini dalam keterangannya, ditulis Senin (9/10).

Refrizal, politisi senior yang juga merupakan koordinator pengusul RUU Kewirausahaan Nasional juga menyampaikan agar pemerintah lebih ‘aware’ dengan era disrupsi yang saat ini muncul karena perkembangan teknologi.

Isu utama di era disrupsi adalah seringkali regulasi lebih lambat mengikuti perkembangan bisnis yang ada. Bilapun ada, biasanya regulasi yang dibuat memberatkan perkembangan dunia usaha khususnya ‘startup’.

“Pemerintah dan tentunya juga DPR harus lebih aware dengan kondisi bisnis yang semakin berkembang. Solusinya adalah sinergi antara pelaku usaha di era disrupsi dengan para pembuat kebijakan. Regulator harus bijak,” pungkas Refrizal.

Laporan: Muhammad Hafidh

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *