ALL

Dicibir Aktivis Lingkungan, Nasdem Bela Menteri Siti

By  | 
Menteri Siti Dicecar DPR | Foto: Tkr/KedaiPena.Com

Menteri Siti Dicecar DPR | Foto: Tkr/KedaiPena.Com

KedaiPena.Com –  Politikus Nasdem Irma Suryani Chaniago membela Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya soal penerapan  kebijakan PermenLHK 39/2017 tentang Perhutanan Sosial di Wilayah Perhutani.

Irma mempertanyakan sejumlah cibiran dan kritik dari penggiat lingkungan atas kebijakan yang dikeluarkan oleh Menteri yang berasal dari partainya tersebut.

“Misalnya kerusakan ekosistem yang seperti apa? Toh pemanfaatan hutan sosial untuk kepentingan rakyat melalui Pemerintah dapat dipertanggungjawabkan,” beber Irma kepada KedaiPena.Com, Rabu (11/10).

Irma pun mengklaim, kebijakan PermenLHK 39/2017 ini sebenarnya malah menyelamatkan kawasan hutan dari tangan-tangan mantan pejabat.

“Karena lahan Perhutani yang ditanami untuk kepentingan pribadi-pribadi mantan oknum pejabat itu yang merugikan negara. Karena, hanya dinikmati oleh orang per orang,” imbuh Irma.

Perihal izin untuk pengelola kawasan perhutanan sosial pun, lanjut Irma, juga bisa didapatkan oleh siapapun tidak membeda-beda golongan. Namun pemerintah, kata Irma, akan memprioritaskan masyarakat di kawasan hutan.

“Kan lebih baik digunakan untuk kepentingan masyarakat dari pada untuk kepentingan oknum-oknum mantan pejabat,” tandas anggota Komisi IX DPR RI ini.

Untuk diketahui, baru-baru Permen LHK P39 tahun 2017 menemui banyak penolakan dari penggiat lingkungan. Jawa Barat, menjadi salah satu daerah yang kencang menolak keberadaan P39 tersebut.

Mereka menolak karena permen ini karena mengancam keberadaan dari ekosistem di kawasan hutan. Tidak hanya itu, permen juga dianggap memberikan keluasaan kepada korporasi.

Laporan: Muhammad Hafidh

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *