ALL

Demokrat Minta Proyek Listrik 35 Ribu Mega Watt PLN Ditunda, Kenapa?

By  | 
Ilustrasi Listrik | Foto: Istimewa

Ilustrasi Listrik | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Azam Asman Natawijana menyarankan agar Perusahaan Listrik Negara (PLN) dapat menunda rencana proyek 35 ribu mega watt.

Azam menyampaikan hal tersebut lantaran saat ini kondisi dan pertumbuhan ekonomi Indonesia sedang turun, sehingga mengakibatkan kebutuhan listrik masyarakat menjadi tidak meningkat.

“Dulu waktu menentukan 35 ribu MW, ekonomi diprediksi berpesat 36 persen, yakni 7,7 sampai 8 persen. Namun pertumbuhan ekonomi saat ini 5 persen sehingga kebutuhan listrik tidak juga meningkat khususnya Jawa,” ujar dia saat ditemui di Jakarta, Kamis (12/10).

Tidak hanya itu, kata Azam, utang PLN yang sempat bocor akibat Menteri Keuangan Sri Mulyani, juga menjadi alasan ide agar proyek ambisius Presiden Jokowi tersebut ditunda.

“Jadi kalau Jokowi bilang ekonomi tumbuh itu tidak betul. Kita minta proyek listrik 35 MW ditunda, dan pada Dirut PLN utang-utang ini kapan selesainya. Kan utangnya banyak dan dalam jangka panjang berjumlah Rp229 triliun. Belum lagi utang jangka pendeknya, jadi kapan selesai,” tandasnya.

Laporan: Muhammad Hafidh

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *