ALL

BPS: Pencabutan Subsidi Listrik Pengaruhi Garis Kemiskinan Masyarakat Desa dan Perkotaan

By  | 
Ilustrasi Kemiskinan | Foto: Istimewa

Ilustrasi Kemiskinan | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – Pemerintah melakukan pencabutan subsidi listrik secara bertahap dari Januari hingga Mei 2017. Terbaru Pemerintah melakukan pencabutan subsidi kepada banyak pelanggan 900 VA. Dan ini sangat terdampak kepada masyarakat kecil.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto menjelaskan, bahwa pencabutan subsidi listrik ini telah mempengaruhi garis kemiskinan baik bagi masyarakat di pedesaan maupun perkotaaan.

“Walaupun komoditas yang paling berpengaruh pada kemiskinan ialah makanan sekitar 73 persen, di luar makanan 27 persen. Untuk listrik ini sendiri berdampak 1,59 persen di pedesaan dan 2,86 persen di perkotaan,” ujar Kecuk sapaannya, kepada KedaiPena.Com, Minggu (19/6).

Kecuk pun menilai, jika memang ada masayarakat yang terdampak dari pencabutan subsidi secara berkala ini, maka sebaiknya dapat melapor ke Perusahaan Listrik Negara (PLN).

“PLN memberikan peluang jika ternyata ada yang keliru atau terdampak dalam  pencabutan subsidi ini silahkan lapor ke PLN. Setahu saya sudah 27.000 rumah tangga yang melapor saat ini,” ungkap Kecuk.

Laporan: Muhammad Hafidh

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *