ALL

Banyak Developer Nakal di Jambi, Ini Buktinya

By  | 
Gubernur Jambi, Zumi Zola saat terobos banjir. FOTO: Istimewa

Gubernur Jambi, Zumi Zola saat terobos banjir. FOTO: Istimewa

KedaiPena.Com – Sedikitnya 17 perumahan bermasalah di Kota Jambi dan menyebabkan banjir, ketika hujan turun dengan intensitas lebat dan lama.

Kata Gubernur Jambi, Zumi Zola, hal itu terjadi karena pengembang tidak memenuhi ketentuan teknis yang diberlakukan. Misalnya, lokasi serapa air di tiap rumah dan contohnya perumahan Bougenville.

“Di perumahan Bougenville, ternyata bulan lalu dilakukan penimbunan, kemudian ada drainase yang harusnya dibangun dengan lebar 2,5 meter, ternyata hanya dibangun satu meter,” ujarnya di Jambi, Ahad (18/6).

Karenanya, diminta Pemerintah Kota/Kabupaten agar menahan penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sebelum seluruh ketentuan teknis dipenuhi developer.

Kemudian, Zola mendesak seluruh pihak terkait segera merespons atas persoalan 17 perumahan yang ada.

“Solusi sementara yang kita lakukan bersama Balai Sungai, yakni dengan menormalisasi aliran air, karena sekarang sedimentasi sangat tinggi di drainase ini,” jelasnya.

“Kita siapkan alat berat, saya mohon karena titiknya banyak, tolong juga Pemkab/Pemkot bantu, alatnya cepat diturunkan,” lanjut mantan artis itu.

Terjadi banjir dadakan di Kota Jambi dan Kabupaten Muarojambi yang menyebabkan ratusan rumah warga terendam banjir, bahkan ketinggian air mencapai dada orang dewasa, beberapa waktu lalu. Lokasi banjir mayoritas terjadi di perumahan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *